Sabtu, 01 Februari 2014

Interview Gagas Writer : Erlin Natawiria

Welcome back #GagasAddict!

Kali ini kita bakal berbincang – bincang bareng penulis ATHENA. Penulis Gagas Debut, yang berhasil masuk proyek STPC! So Cool!


Hai, saya Erlin Natawiria. Mahasiswi tingkat akhir jurusan Sastra Inggris (yang akan menyusun skripsi sebentar lagi). Saya sebenarnya suka menulis sejak kecil, tapi baru mengembangkannya di bangku SMA. Athena: Eureka adalah debut (tak terduga) saya yang diterbitkan oleh GagasMedia. :D


Kakak suka menulis sejak kecil? Tulisannya semacam diary begitu, atau cerpen?


Iya. Awalnya dari comic strip, tapi karena gambar saya jelek jadi diubah ke tulisan semua. Pas SMP mulai nulis diary. Sekarang pun masih, tapi saya sebut jurnal. Kalau cerpen hanya sekali waktu.


Pertama kali membuat novel kapan kak? :)

Kelas tiga SMP, tapi nggak tamat. Kayaknya tulisan yang bisa disebut 'novel pertama' itu yang saya tulis waktu kelas tiga SMA.


ATHENA kan masih baru, jadi banyak yang belum tahu ceritanya. ATHENA itu, garis cerita-nya bagaimana, sih?

ATHENA adalah cerita tentang 'berdamai dengan masa lalu'. Ada beberapa kasus dalam sebuah hubungan asmara yang sulit diselesaikan. Salah satunya diputuskan secara sepihak seperti yang dialami oleh Widha (tokoh protagonis ATHENA). Makanya dia galau waktu ketemu lagi sama mantannya--apa masalah mereka bisa selesai atau akan terus menggantung? Jawabannya bisa dicari di ATHENA.


Oh, ya banyak #GagasAddict yang nanya. ATHENA kan proyek STPC, sedangkan kakak penulis baru. Cerita dong, gimana kakak akhirnya bisa ikutan project STPC gagas!

Wahahaha, ini memang salah satu hal yang sering ditanyakan. Saya juga nggak pernah nyangka kalau ATHENA (dulu judulnya Captivating Me) bakal masuk seri STPC. Bahkan pas ngirim pun saya benar-benar pasrah, sampai Jia (editor) menelepon saya untuk memberitahu kalau naskah CM diterima.
Kabar CM dijadikan pembuka seri STPC season dua baru saya terima selepas revisi dari tim redaksi. Kaget? Pastinya. Plus minder karena saya tahu semua penulis seri STPC season satu, kan, sudah menelurkan lebih dari satu buku--bahkan bestseller. Di sisi lain, saya juga excited dan deg-degan karena ATHENA adalah debut saya... yang masuk seri STPC.


Oh begitu :) Lalu perasaan kakak waktu ATHENA udah terbit gimana? :)

Saya selalu menganggap terbitnya novel seperti kelahiran anak pertama. No words can describe it. Saya tidak pernah menduga ATHENA akan 'lahir' secepat ini. Tapi, penantian saya untuk meluncurkan novel di penerbit sejak tahun 2008 tercapai juga. :D


Kakak sudah mengirim novel sejak 2008? Pernah ada yang ditolak gak kak? (Hehe)

Kalau kirim-kirim naskah justru baru dua tahun terakhir. Penolakan pasti ada, bahkan sampai digantung tanpa kabar. Saya sebenernya cukup pemalu dan dulu nggak PD dengan tulisan sendiri. Karena dukungan keluarga dan teman, saya akhirnya berani mencoba peruntungan di penerbit sekelas GagasMedia.


Dan akhirnya keterima! Congrats kak erl!!
ATHENA ditulis berapa bulan kak?

Terima kasih. ;)
ATHENA has a long story. Saya menulis drafnya dari Agustus sampai September 2012. Dulunya diikutsertakan untuk lomba, tapi harus puas sampai longlist saja. Awal tahun 2013 baru dikirim ke GagasMedia dan diterima bulan April 2013. Proses dari revisi sampai naik cetak sekitar tujuh bulan.


Bagaimana dengan riset-nya? Apa kakak sudah pernah ke Athena sebelumnya?

No, I haven't visited Athens, yet. Karena memang suka dengan Athena dan hal-hal berbau mitologi Yunani sejak kecil, saya sudah lumayan akrab dengan tempat ini lewat bacaan. Riset mendalam dilakukan dengan 'jalan-jalan' lewat Google Maps, Youtube, dan berbagai artikel di internet. Saya juga menyimpan foto-foto yang berkaitan dengan naskah di folder terpisah.
Mudah-mudahan, sih, bisa terbang ke sana langsung. :D


Amin kak! :D
Oh, ya, kan katanya ATHENA sebelumnya direvisi? Apa ada bagian yang diubah dari naskah aslinya?

Yap, lumayan banyak. Bahkan ada satu tokoh yang harus dikeluarkan, Alex (tokoh yang sama di "Artemis Tale"). Tapi, perubahan-perubahan itu nggak bikin inti cerita berubah, kok.


Semasa menulis ATHENA ada kesulitan gak kak?

Ada. Saya, kan, masih pemula dan belum terbiasa dengan track changes saat itu. Belum lagi tetek-bengek kuliah yang membuat saya molor mengerjakan revisi sampai sebulan (shame on me). Tapi proses adaptasi ini justru mengesankan.


Di ATHENA ada bagian yang menjadi favorit kakak gak?

Bagian favorit saya ada di Epilog. *jauh amat*
Selain itu, bagian Nathan dan Widha bertualang di Plaka juga menjadi favorit saya. Karena dari semua bab, petualangan di Plaka yang perombakannya menguras pikiran saya--bahkan sejak judulnya masih Captivating Me.


Ada perubahan gak kak, sebelum dan setelah menjadi penulis?

Ada, tapi tidak terlalu kentara. Satu yang cukup terasa adalah saya sering ditanya tentang ATHENA dan novel-novel selanjutnya. Pun, saya tambah semangat untuk menulis.


Ceritain proses naskah novel baru kakak dong :)

Naskah yang sedang saya tulis sekarang sebenarnya masih berkaitan dengan ATHENA. Lagi-lagi naskah lama yang dirombak, hihi. Prolog-nya sudah saya unggah di Wattpad, kok. :D


Oke, terimakasih atas waktunya kak :) Didoakan novel barunya segera terbit. Salam untuk Widha, Wafi dan Nathan!

-Admin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar